Rabu, 01 April 2015

Membongkar Laptop Acer 4732z

Cara Membongkar laptop Acer 4732z - Ini masalah yang terjadi biasanya atau mayoritas seorang ''gamer'',karena terlalu sering ngeGame maka laptop sering mengalami OVERHEATING, apa itu overheating?

Saya  sendiri menyimpulkan bahwa overheating itu adalah masalah pada laptop karena processor terlalu Panas. Ini bisa terjadi Karena gangguan pada sistem pendingin / kipas processor tidak berfungsi sebagaimana mestinya,bisa di karenakan kipas tersebut kotor terkena debu,akibatnya kipas tidak bisa mendinginkan processor.

kali ini saya akan kasih cara atau STEP BY STEP membongkar ACER 4732Z






1. Siapkan obeng kecil, untuk membuka baut yang ada. yang kayak gini


2. Buka batere laptop 


3. Buka semua baut yang ada dibagian bawah  laptop


4. Jangan lupa, susun baut sesuai tempat yang buka, supaya nanti gak kebingungan, sebagai petunjuk lokasi dan jumlahnya sama seperti semula






5. Buka kartu memori, dengan menekan penahan dikiri kanan memori kearah luar



6. Buka baut yang ada di hardisk






7. Ambil hardisk, dengan menariknya ke bawah dengan hati-hati


8. Buka penutup wireless lan


9. Tarik modul wireless lan dengan menarik keatas pelan-pelan, lepaskan kabel hitam putih/antena WIFI (INGAT lokasi kabelnya ya, mana yang hitam dan mana yang putih)



10. Lepas DVD Drive



11. Rebahkan LCD, buka penutup tombol power dengan menarik perlahan bagian yang renggang di kanan kiri penutup.



12. Angkat perlahan kabel VGA dengan menggerakkan ke atas agar soket tidak rusak. lepaskan juga socket untuk power MB dengan menaikan bagian hitamnya ke atas.





13. Lepaskan baut speaker, dan angkat socketnya hati-hati


14. Angkat keyboard dengan hati-hati melepaskan dari pengaitnya, lepaskan socket keyboard dengan bagian hitamnya ditarik keatas, juga socket touchpad






15. Amankan LCD 


16. Intip motherboardnya, apakah sudah bisa diangkat atau belum. pastikan tidak ada baut yang menempel pada casing

17. Inilah bentuk motherboardnya


18. Lihat di bagian fan-nya, penuh dengan debu hitam. 


Bagian yang berbentuk seperti kisi-kisi, yang mengalirkan udara panas keluar, penuh dengan debu. Pantas saja kalau processornya tidak bisa bekerja dengan baik. Bersihkan fan dan saluran udaranya dengan cairan pembersih, tissue atau dengan vacuum kecil. 


.Ok, fan dan saluran udara bersih.
Masalah selesai?
Belum saudara-saudara, mengembalikan semuanya yang juga penting. 


19. Nah, lakukan secara terbalik, dari step-step diatas. 

Bongkarnya mudah, Alhamdulillah saya beruntung bisa memasang laptop saya utuh kembali. 
Whaa keren dong. 
Nggak juga. 
Pertama kali setelah terakit, tiga kali saya hidupkan tombol powernya, tidak berhasil juga. Sempat panik, apa yang terjadi? Panik, karena saya sempat mematahkan ujung penahan socket motherboard hehehe jangan-jangan saya merusak kabel2 berbentuk pita karena terlalu keras menariknya. atau jangan-jangan salah menaruh kabel? 

Saya coba lihat satu-satu lagi, dan mengulang mengencangkan kartu memori. Wah, ternyata disitu masalahnya, kartu memori belum terpasang sempurna. Sekali lagi tekan tombol power, Alhamdulillah.. laptop berfungsi baik. Untuk uji coba, saya hidupkan sekitar 9 jam setelah itu, sambil merapikan isi harddisk. Laptop tidak panas lagi, dan suara fan-nya, nyaris tak terdengar (ya iyalah, tipe laptop ini, fan hanya hidup kalau mencapai panas tertentu).



Sekian artikel tentang Tips Membongkar Laptop Acer 4732z dari saya, Anda mau coba? Good Luck! ^_^


# Cetuskan sedikit keberanian agar anda tahu ,jangan takut karena ketakutan dan keraguan tidak akan pernah membantumu.....:D














Ditulis Oleh : Unknown // 01.52
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar